Penyebab Kanker Payudara dan Akibatnya dalam Jangka Panjang

Penyebab Kanker PayudaraPenyebab Kanker Payudara dan Akibatnya dalam Jangka Panjang – Payudara adalah organ yang membuat seorang wanita menjadi wanita seutuhnya. Fungsi dari organ tersebut adalah untuk menyusui buah hati. Selain itu, organ tersebut juga bisa menjadi daya pikat terhadap laki-laki. Tak pelak, payudara menjadi sangat penting bagi wanita. Lalu, bagaimana rasanya ketika dokter memvonis kita terkena kanker payudara?

Salah satu penyakit yang menjadi momok menakutkan bagi wanita adalah kanker payudara. Bagi seseorang yang menderita penyakit ini serasa membuat dirinya begitu dekat dengan kematian. Ketika mengetahui dirinya menderita penyakit ganas tersebut maka perasaan aman, nyaman, dan optimis mengenai kehidupan serta masa depan bisa saja menjadi goyah. Tentunya setiap wanita yang terserang penyakit ini akan mengalami tekanan yang luar biasa, karena bisa saja organ yang menjadikan seorang wanita seutuhnya tersebut hilang.

Seperti namanya, penyakit ini memang merupakan penyakit ganas yang disebabkan oleh berkembangnya sel kanker di daerah payudara. Pada umumnya, penyakit ini menyerang kaum hawa. Akan tetapi, pada kenyataannya, laki – laki juga memiliki risiko terserang penyakit ini walaupun tidak sebanyak perempuan.

Gejala dan Penyebab Kanker Payudara

Gejala awal apabila seseorang terkena kanker payudara adalah munculnya benjolan di area payudara. Benjolan tersebut dapat dirasakan ketika diraba ataupun ditekan. Ukurannya kecil dan pada awalnya tidak terasa sakit ketika ditekan. Benjolan tersebut akan terasa sakit jika mulai membesar dan membuat kulit payudara terasa panas seperti terbakar. Akhirnya, payudara mengeluarkan sejenis cairan darah atau cairan lainnya, padahal si penderita tidak sedang dalam kondisi menyusui. Pada organ tersebut juga akan mengeluarkan bau yang tidak sedap seperti bau busuk dan sangat mudah berdarah.

Beberapa gejala lain yang timbul setelah munculnya benjolan adalah adanya perubahan warna kulit payudara dari merah muda menjadi coklat seperti kulit jeruk. Apabila kondisi sudah parah, maka puting pun akan berubah posisi menjadi lebih tenggelam, bahkan lama – kelamaan bisa sampai terlepas atau hilang.

Jika gejala tersebut dibiarkan saja tanpa mendapatkan penangan dari ahli medis, maka gejala yang timbul setelahnya adalah munculnya borok (ulkus) pada payudara. Semakin lama, borok itu tumbuh semakin besar. Akibatnya, borok tersebut dapat menghancurkan sebagian bahkan hingga seluruh payudara.

Belum Ditemukan Apa Penyebab Pasti Kanker Payudara

Sampai sekarang, belum ditemukan penyebab pasti timbulnya kanker payudara. Tetapi terdapat beberapa faktor yang diperkirakan berpengaruh terhadap timbulnya kanker payudara ini.

Berikut ini adalah beberapa penyebab kanker payudara:

  • Terlalu banyak memakan makanan yang memiliki gizi tidak baik ataupun terlalu banyak bahan kimia
  • Faktor genetik dan riwayat keluarga. Artinya, penyakit ini bisa menurun dari orang tua
  • Payudara sering diremas, ditekan, atau dipencet
  • Memiliki kebiasaan buruk, seperti merokok dan minum – minuman keras
  • Kelebihan berat badan atau obesitas bisa juga menjadi pemicu
  • Terlalu berlebih dalam mengkonsumsi makanan yang kandungan lemaknya tinggi dan makanan berserat
  • Operasi plastik agar payudara lebih besar, kencang, dan indah
  • Terlalu berlebih dalam mengkonsumsi makanan yang kandungan lemaknya tinggi dan makanan berserat

Sebenarnya faktor-faktor di atas bukanlah penyebab kanker payudara yang spesifik dan bersifat pasti, karena masih banyak kemungkinan lain yang bisa jadi pemicu munculnya penyakit ini. Gambaran di atas ditujukan agar kita lebih waspada serta agar menjalankan gaya hidup yang sehat.

Jalan terbaik untuk memastikan apakah kita terkena penyakit ganas ini atau tidak adalah dengan memeriksakan diri dan berkonsultasi dengan dokter. Walaupun tidak terdapat gejala-gejala munculnya kanker payudara, akan tetapi ada baiknya jika tetap memeriksakan secara rutin sebagai langkah pencegahan terhadap tumbuhnya sel-sel kanker.

Seperti sel kanker lainnya, pertumbuhan sel-sel kanker payudara bersifat abnormal, bisa lambat tetapi bisa juga menyebar begitu cepat.

Tags: gejala kanker payudara kanker payudara obat kanker payudara penyebab kanker payudara

Posting Terkait "Penyebab Kanker Payudara dan Akibatnya dalam Jangka Panjang"

Khasiat Bawang Dayak Untuk Kanker Yang Terbukti Ampuh
Khasiat Bawang Dayak untuk Kanker - Bawang
Cara Mencegah Kanker Serviks dan Mengenali Tanda-Tandanya
Cara Mencegah Kanker Serviks dan Mengenali Tanda-Tandanya
Sejuta Manfaat Bawang Berlian Dengan Menolak Kanker Salah Satunya
Manfaat bawang berlian - Indonesia memang layak
Khasiat Bawang Dayak untuk Kanker Payudara
Bawang Dayak untuk Kanker Payudara - Salah

Tinggalkan Balasan