Manfaat Bawang Dayak untuk Kolesterol dan Cara Mengolahnya

Manfaat Bawang Dayak Untuk Kolesterol dan Cara Mengolahnya | Kadar kolesterol yang tinggi pada tubuh bisa menyebabkan gangguan kesehatan.Pada kondisi ini sebagian orang lebih memilih melakukan pengobatan herbal. Salah satu tanaman alami yang cukup manjur untuk mengontrol kolesterol adalah bawang dayak.

Penggunaan bawang dayak untuk kolesterol agar tetap stabil alias mengontrol kadar kolesterol dalam tubuh sudah sejak lama dibuktikan secara turun menurun oleh masyarakat dayak Kalimantan. Berbagai kandungan positif yang dimiliki bawang ini mampu untuk mencegah dan mengobati berbagai macam penyakit.

Tapi sebelumnya anda perlu mengetahui apa itu kolesterol dan kenapa kolesterol bisa berbahaya bagi kesehatan.

Manfaat Bawang Dayak Untuk Kolesterol

Apa itu Kolesterol ?

Kolesterol merupakan lemak yang berada di dalam darah atau sel tubuh yang berfungsi untuk pembentukan dinding sel dan hormon. Namun apabila jumlah kolesterol berlebihan atau tinggi maka bisa menyebabkan gangguan kesehatan.

Menurut laporan dari World Health Organization (WHO) pada tahun 2015 diperkirakan sekitar 40% penduduk Indonesia memiliki kadar kolesterol yang lebih tinggi dari batas normal yang aman untuk kesehatan, itu artinya lebih dari sepertiga penduduk Indonesia beresiko terkena penyakit Arteri.

Penyakit yang disebabkan kolesterol

Berikut ini beberapa penyakit yang mungkin timbul akibat kolesterol yang berlebih pada tubuh, antara lain :

1. Penyakit Jantung Koroner

Resiko utama akibat kolesterol tinggi adalah terkena penyakit jantung koroner. Ketika kadar kolesterol darah terlalu tinggi maka akan menumpuk di dinding pembuluh darah arteri. Lambat laun penumpukan (plak) tersebut akan menyebabkan pengerasan arteri (aterosklerosis).

Terjadi nya pengerasan dapat menyebabkan arteri menyempit dan memperlambat aliran darah ke jantung. Kondisi ini bisa menimbulkan nyeri dada (angina), yang terparah adalah serangan jantung apabila pembuluh darah telah tersumbat sepenuhnya.

2. Stroke

Stroke terjadi karena pasokan darah ke otak berkurang, hal ini disebabkan karena pembuluh darah yang membawa oksigen dan nutrisi ke otak pecah atau tersumbat. apabila otak tidak mendapatkan darah dan oksigen maka jaringan syaraf pada otak akan mati dan menyebabkan kelumpuhan pada anggota gerak maupun fungsi indera tubuh.

3. Penyakit Pembuluh Darah Perifer (PAD)

Kadar kolesterol yang tinggi pada tubuh juga bisa menyebabkan penyakit pembuluh darah perifer (PAD). Penyakit ini disebabkan karena adanya penumpukan lemak di sepanjang dinding arteri sehingga mempengaruhi sirkulasi darah, terutama pada arteri yang mengarah ke bagian kaki.

4. Diabetes Melitus

Penyakit Diabetes Melitus juga disebabkan karena kadar kolesterol yang tinggi pada tubuh. Pada orang-orang yang menderita diabetes cenderung memiliki trigliserida tinggi, penurunan terhadap HDL dan peningkatan terhadap LDL (kolesterol jahat). Akibatnya akan terjadi penyempitan pada arteri dan menghambat darah untuk mendistribusikan oksigen dan nutrisi.

5. Hipertensi

Hipertensi atau tekanan darah tinggi timbul akibat tinggi nya tensi dalam darah. Hal ini disebabkan karena ada nya penumpukan kolesterol pada dinding pembuluh darah yang berlebihan. Jika kolesterol tidak dikontrol atau di diamkan untuk jangka waktu yang lama bisa menyebabkan komplikasi penyakit pada organ tubuh lainnya.

6. Disfungsi Ereksi

Disfungsi ereksi timbul karena pembuluh darah pada bagian alat vital pria lebih kecil jika dibandingkan pada bagian tubuh yang lain. Penyakit ini juga bisa menjadi tanda peringatan dini akan adanya penyempitan pada arteri. Salah satu penyempitan ini disebabkan oleh penumpukan lemak yang mengandung kolesterol yang disebut dengan aterosklerosis.

Setelah mengetahui apa itu kolesterol dan penyakit yang disebabkan kolesterol, selanjutnya adalah bagaimana manfaat bawang dayak untuk kolesterol dan cara mengobati kolesterol secara alami dengan bawang dayak. Tapi sebelumnya kita perlu mengenal apa itu bawang dayak.

Manfaat Bawang Dayak Untuk Kolesterol Dan Cara Mengolahnya

Manfaat Bawang Dayak untuk Kolesterol

Bawang dayak atau Eleutherine Americana adalah tanaman khas Kalimantan dimana suku Dayak tinggal. Tanaman ini termasuk keluarga bawang dengan ciri-ciri warna umbi merah, daun nya hijau berbentuk pita dan bunganya berwarna putih.

Bawang dayak juga dikenal dengan nama bawang tiwai, bawang berlian, bawang hutan, bawang sabrang dan bawang hantu. Penggunaan bawang ini untuk pengobatan berbagai penyakit terutama kolesterol sudah dibuktikan secara turun menurun oleh warga setempat.

Kandungan Khasiat Dalam Bawang Dayak

Berikut ini beberapa kandungan dalam bawang dayak yang sangat bermanfaat bagi kesehatan :

  • Alkaloid – senyawa ini memiliki sifat basa dan banyak terdapat di tumbuhan. Alkaloid berfungsi sebagai anti mikroba yang berguna untuk melindungi tubuh agar tidak mudah terinfeksi penyakit.
  • Flavonoid – adalah zat pewarna alami pada tumbuhan. Senyawa ini berguna untuk menghambat pertumbuhan sel kanker, obat alami pelancar urin, dan juga sebagai antidiabetes, antikanker, antikarsinogen dan antidepresaant.
  • Glikosida – adalah senyawa turunan dari karbohidrat dan terikat dengan gula. Zat ini berfungsi sebagai obat alami pencahar, obat jantung, obat kolesterol dan untuk meningkatkan stamina tubuh.
  • Tanin – fungsi dari senyawa ini adalah untuk mengobati diare dengan cara menghambat cairan yang keluar dan masuk dari usus. Selain itu juga berguna untuk penawar racun serta antioksidan untuk menghambat perkembangan sel kanker.

Tak heran jika tanaman ini kerap dijadikan sebagai obat alternatif untuk mengobati berbagai penyakit, karena begitu banyaknya kandungan positif yang ada. Lalu bagaimana cara mengolah bawang dayak untuk dijadikan obat yang bisa digunakan sehari-hari ?

Cara Mengobati Kolesterol Dengan Bawang Dayak

Menurut Prof Dr Sidiq Apt, guru besar dari emiritus Fakultas Farmasi Universitas Padjajaran, pada bawang dayak mengandung alisin. Senyawa ini bermanfaat untuk menurunkan tekanan darah dan kadar kolesterol tinggi pada darah.

Manfaat bawang dayak untuk kolesterol secara tradisional dianggap lebih efektif dan praktis karena sudah terbukti secara turun temurun. Pemanfaatannya bisa dalam bentuk minuman, manisan maupun dalam bentuk bubuk.

Dibuat Minuman

Untuk pengobatan bawang dayak bisa dibuat dalam bentuk minuman. Begini cara pembuatannya :

  • Cuci 1 kg bawang dayak hingga bersih, lalu dipotong tipis tipis.
  • Lalu campurkan dengan air matang dengan perbandingan 1 : 2 yaitu setiap 1 kg bawang dicampur dengan 2 liter air. Lalu diblender hingga halus.
  • Saring bawang dayak yang telah halus dengan kain tipis.
  • Lalu campur dengan gula pasir 1 : 1
  • Air yang sudah dicampur gula dimasak hingga matang sampai membentuk butiran kristal. Lalu dinginkan
  • Minuman instan bawang dayak yang sudah jadi simpan di wadah yang kedap udara

Dibuat Manisan

Bawang dayak juga bisa dibuat camilan berupa manisan, cara pembuatannya sebagai berikut.

  • Cuci bersih 1 kg bawang dayak, lalu di iris dengan ketebalan 1-2 mm.
  • Kemudian buat larutan gula dengan perbandingan 1 : 1 yaitu setiap 1 kg gula ditambah 1 liter air.
  • Bawang dayak yang telah diiris tadi langsung dimasak dengan air gula, aduk-aduk sampai kering.
  • Apabila bawang dayak sudah mengkristal karena gula tadi tandanya manisan sudah jadi. Angkat lalu simpan di tempat yang kedap udara.

Manfaat bawang dayak untuk kolesterol maupun untuk penyakit lainnya sudah dibuktikan oleh suku asli Dayak sejak ratusan tahun silam. Jadi jangan ragu untuk menggunakan tanaman alami ini sebagai obat herbal.

Tags: bawang dayak untuk kolesterol khasiat bawang dayak untuk kolesterol obat kolesterol alami

Posting Terkait "Manfaat Bawang Dayak untuk Kolesterol dan Cara Mengolahnya"

Manfaat dan Tempat Jual Bawang Dayak
Tempat Jual Bawang Dayak - Bawang dayak
Bawang Dayak yang Ampuh sebagai Obat Herbal Untuk Kolestrol
Obat Herbal Untuk Kolestrol - Obat herbal
Manfaat Bawang Dayak Untuk Pengobatan Penyakit Kanker
Manfaat Bawang Dayak Untuk Pengobatan Penyakit Kanker
Berbagai Manfaat Khasiat Bawang Dayak Untuk Pria
Khasiat bawang dayak untuk pria – Bawang
  1. author

    Merli Hutasoit7 bulan agoBalas

    jika diolah per umbi bagaimana takarannya?

  2. author

    Merli Hutasoit7 bulan agoBalas

    saya mau coba, karena saya mengalami radang sendi terutama di persambungan telapak tangan kiri dan kanan, bagaimana cara mengkonsumsinya jika tdak ukuran kilogram, tolong dibantu ya

Tinggalkan Balasan