Mengenal Bawang Dayak si Raja Tanaman Obat

Bawang dayak banyak tumbuh liar di hutan-hutan. Tumbuhan yang berasal dari benua Amerika ini, banyak terdapat di daerah pegunungan antara 600-1500 m dpl. Tumbuhan ini  menyukai tempat-tempat terbuka yang tanahnya kaya akan humus dan cukup lembab.
Bawang dayak merupakan tanaman herba beranak banyak membentuk rumpun yang padat seperti daun anggrek tanah.  Umbinya panjang, berbentuk bulat telur, berbulu, dan berwarna merah. Selain sebagai tanaman obat, bawang dayak ini juga dimanfaatkan sebagai tanaman hias. Daunnya berbentuk pita sepanjang 15-20 cm, lebar 3-5 cm mirip palem. Bunganya mungil berkelopak lima dan berwarna putih, mekar pada waktu gelap dan hanya beberapa jam saja, Tanaman yang membutuhkan sinar matahari langsung ini diperbanyak dengan anakan atau umbi.
Mengenal Bawang Dayak si Raja Tanaman Obat
Menurut Kementrian Ristek (2002), bawang dayak dapat diklasifikasikan sebagai berikut:

Kingdom : Plantae

Divisio : Spermatophyta

Sub Divisio : Angiospermae

Kelas : Monocotyledonae

Ordo : Liliales

Famili : Iridaecae

Genus : Eleutherine

Spesies : Eleutherine americana L. Merr.

Tumbuhan ini merupakan tanaman menahun. Tinggi tanaman ini hanya mencapai 30 cm, batangnya tumbuh tegak atau merunduk, berumbi yang berbentuk kerucut dan warnanya merah. Daunnya ada dua macam, yaitu yang sempurna berbentuk pita dengan ujungnya runcing, sedangkan daun-daun lainnya berbentuk menyerupai batang. Bunganya berupa bunga tunggal, warnanya putih, terdapat pada ketiak-ketiak daun bagian atas, dalam rumpun-rumpun bunga yang terdiri dari 4 sampai 10 bunga. Buah kotaknya berbentuk corong dengan bagian ujungnya berlekuk, bila merekah menjadi dua rongga yang berisi banyak biji. Bentuk bijinya bulat telur atau hampir bujur sangkar (Sastrapradja dkk., 1980).

Kandungan kimia dari bawang dayak selain dari umbi juga terdapat pada daun dan akar, yaitu flavonoida dan polifenol. Umbi bawang dayak bermanfaat sebagai obat sembelit, peluruh air seni, kanker payudara, maag dan sebagai perangsang muntah (Kementerian Ristek, 2002).

Tanaman memiliki banyak nama sesuai daerahnya, di Sumatera disebut bawang kapal (melayu), bawang sabrang dalam bahasa Sunda dan brambang sabrang dalam bahasa Jawa Tengah. Di Kalimantan Timur bawang dayak disebut bawang tiwai. Di Malaysia disebut bawang bara dan di Thailand disebut hom daeng (Data Center, 2003)­.

Syarat Tumbuh Bawang Dayak

1.Iklim

Unsur-unsur iklim sangat berpengaruh dalam budidaya bawang dayak terutama elevasi (ketinggian tempat) dan suhu. Bawang dayak dapat tumbuh di daerah dengan ketinggian 600-1300 m dpl (Trisonthi dan Trisonthi, 1999). Suhu yang cocok antara 18-35°C (Data Center, 2003)

Daerah Kutai Kartanegara secara umum dikenal sebagai wilayah yang beriklim tropis basah dengan curah hujan berkisar antara 2012-4285 mm tahun-1 dengan jumlah hujan 91-163 hari tahun-1 tanpa bulan kering dengan kelembapan udara cukup tinggi berkisar antara 82,3%, temperatur rata-rata 26,6oC (KIPPK, 2005).

2. Tanah

Tanah adalah salah satu faktor produksi, karena merupakan media tumbuh Selain berfungsi sebagai tempat berdiri juga scbagai gudang zat-zat hara yang di butuhkan oleh tanaman yang tumbuh di atasnya.

Menurut Mardisiswajo dan Sudarso (1971), bawang dayak tidak memerlukan persyaratan tanah yang khusus. Hampir pada berbagai jenis tanah, bawang dayak dapat beradaptasi secara optimal.

a.Struktur Tanah

Tanah yang gembur dan subur serta kaya akan humus sangat baik untuk pertumbuhan bawang dayak . Selain itu, aerasi dan draenasi tanah juga harus baik, serta kaya bahan organik sehingga akan tersedia unsur hara bagi tanaman serta kapasitas mengikat air yang tinggi.

b. Tekstur

Tekstur tanah yang baik untuk pertumbuhan bawang dayak adalah tekstur lempung, lempung berpasir dan lempung berdebu.

c. Kemasaman Tanah (pH)

Bawang dayak tumbuh baik pada pH 5,5 sedangkan pH yang optimal untuk pertumbuhan bawang dayak adalah 7,5. Bawang dayak  untuk tumbuh dan berproduksi optimal tidak memerlukan jenis tanah dan iklim khusus, akan tetapi diperlukan pengolahan tanah yang cukup memadai untuk pertumbuhannya. Tanah yang dikehendaki oleh bawang dayak pada umumnya sama dengan yang dikehendaki oleh tanaman herba yaitu tanah yang gembur. Tanah-tanah berat masih dapat ditanami bawang dayak dengan pengerjaan tanah lebih sering selama pertumbuhannya, sehingga aerasi dalam tanah berlangsung dengan baik

(sumber: Cybex Deptan)

Incoming search terms:

  • bawang berlian
  • bawang hutan
  • brambang dayak
  • gambar bawang dayak
  • budidaya bawang dayak
  • manfaat brambang dayak
  • khasiat brambang dayak
  • cara menanam bawang dayak
  • Pohon bawang dayak
  • Bunga bawang dayak

Tags: bawang dayak tanaman obat

Posting Terkait "Mengenal Bawang Dayak si Raja Tanaman Obat"

Kapsul Bawang Dayak dan Khasiatnya Bagi Kesehatan
Kapsul Bawang Dayak dan Khasiatnya Bagi Kesehatan
Tempat Jual Bawang Dayak yang Harus Kamu Ketahui
Tempat jual bawang dayak - Maraknya bawang
Tempat Jual Bawang Berlian dengan Bermacam Khasiat
Apakah Anda sedang mencari tempat jual bawang

Tinggalkan Balasan